logo blog

Mampir yukk di Masjid Terbesar dan Termegah di Kota Madiun

Mampir yukk di Masjid Terbesar dan Termegah di Kota Madiun

Masjid Agung Madiun adalah masjid terbesar dan termegah di kota Madiun , Jawa Timur. Masjid ini biasa disebut Masjid Baitul Hakim. Terletak di sebelah barat Alun-alun Kota Madiun . Warnanya yang mencolok membuat masjid ini menjadi daya tarik tersendiri , menurut kabar biaya untuk pengecetan ulang saja mencapai 200 juta, jumlah yang cukup fantastis sesuai dengan hasilnya .

masjid agung madiun

Masjid ini sangat unik karena mempunyai pilar-pilar yang sangat banyak sekitar 120 pilar lebih. Jumlah ini hanya yang berada di ruangan utama dan serambi masjid. Belum termasuk pilaryang berada di lantai dua & ruangan sekretariat serta kantor yang menyambung di kompleks masjid Baitul Hakim

masjid baitul hakim madiun

bagian dalam masjid madiun


Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun diperkirakan dibangun di era penjajahan kolonial Belanda pada masa pemerintahan Ronggo Jumeno tahun 1830 an. Namun pemugaran besar-besaran dimulai pada tahun 2002 yg ditandai  pemasangan tiang seribu dengan mempertahankan 4 pilar utama dari kayu seperti ciri khas sebagian besar masjid jawa.
renovasi terakhir dilakukan Pada tahun 2011  untuk menambah luas bagian serambi masjid, lalu kubah serta menara sampai seperti sekarang ini.


ruang utama masjid madiun


halaman masjid madiun


Bermacam-macam aktifitas keagamaan umat muslim kota Madiun dilaksanakan di sini, setiap harinya masjid ini senantiasa ramai dikunjungi masyarakat untk melaksanakan sholat lima waktu dan bukan hanya warga madiun saja melainkan warga dari luar kota pun banyak yang singgah di masjid ini .

masjid terbesar di madiun

Itulah sedikit mengenai Masjid Terbesar dan Termegah di Kota Madiun jangan lupa mampir ya kalau melewati atau berkunjung ke Madiun atau sekedar berwisata di 8 Destinasi Wisata di Madiun

Bagikan Artikel ini:

1 komentar:

woww keren juga ya madiunnnn aku bangga dilahirkan dikota madiun. :)

Tulis komentar Anda di sini

Copyright © 2015. Info-info Asik - All Rights Reserved
Template by: Shofia Dewi