logo blog

Fakta Unik dan Menarik Tentang Lalat

Fakta Unik dan Menarik Tentang Lalat


fakta unik lalat

Lalat dianggap sebagai hewan yang lebih banyak membawa kerugian dibanding manfaat. menurut para ahli bahwa lalat membawa berbagai penyakit mematikan seperti demam tifoid, disentri, kolera, frambusia, antraks, kusta dan TBC dan lain-lain.
Di seluruh Dunia Terdapat lebih dari 300 ribu spesies , dan tentunya “Tahi Lalat” bukan salah satu diantaranya hehe

Berikut beberapa fakta unik dan menarik tentang lalat yang mungkin belum Anda ketahui

1. Sayap lalat sebagai obat

organ tubuh lalat yang menyehatkan ialah pada bagian sayap,  beberapa Ilmuwan Australia melakukan penelitian tentang lalat dan menemukan fakta bahwa sayap lalat bisa digunakan untuk industri dan kesehatan.

Pada sayap lalat ada gen reflin yang membuat lalat bisa mengepakkan sayapnya dari 200 hingga 400 kali perdetik . Gen reflin juga mempunyai kandungan zat yang bisa mengobati berbagai penyakit gangguan saraf seperti arteri dan meina.


2. Daya Indera Penciuman tajam

Indera penciuman lalat begitu peka dan bisa mencium makanannya hingga sejauh 2 km. Lalat mencium bau dg memanfaatkan bulu-bulunya yang ada di tubuh. Sementara itu bulu pada kaki dan mulut digunakan untuk mencicipi makanan.


3. Indera Penglihatan Rabun

Lalat mempunyai 2 mata. Di setiap matanya terdapat kurang lebih empat ribu lensa yang mampu melihat hampir 360 derajat . Karena Itulah lalat sangat sulit untuk dipukul atau ditangkap walaupun dari belakang

Namun kenyataannya, lalat tidak bisa melihat dg baik meskipun mempunyai kelebihan itu . Daya visualnya sangat buruk dan sulit untuk membedakan warna namun sangat sensitif pada gerakan.


4. Muntah dulu sebelum makan

fakta lain ketika lalat makan mereka akan mengeluarkan isi di perutnya alias muntah ke makanan sebelum memakannya . Ini bertujuan untuk mencairkan makanan agar mudah dicerna karena mengandung enzim volidrop.


5. Membawa bakteri terbanyak

Seekor lalat sanggup membawa kurang lebih sekitar dua ratus bakteri yang berbeda baik dari badan, kaki,  kepala, dan lainnya.


6. Umur lalat pendek

Lalat rumahan rata-rata hanya mampu bertahan hidup sekitar 30 hari
akan tetapi lalat betina mampu memproduksi telur sekitar 3000 butir sepanjang hidupnya yang hanya sebulan dan menetas dalam kurun waktu 14 hari.
ibarat pepatah mati satu tumbuh tiga ribu


7. Lalat sering buang air

Fakta lain dari lalat adalah sering buang air, hanya dalam kurun waktu 4-5 menit sekali. Jadi , jika Anda dihinggapi lalat sebaiknya langsung diusir jangan sampai lebih dari empat menit untuk menghindari lalat buang air di bagian tubuh Anda

Itulah fakta-fakta unik tentang lalat. Meskipun banyak hal yang merugikan dari lalat . Namun yakinlah bahwa tiada makhluk hidup di dunia ini yang diciptakan sia-sia, karena semua makhluk hidup pasti mempunyai arti atau makna untuk kehidupan dan kelangsungan makhluk hidup lainnya.

Bagikan Artikel ini:

Tulis komentar Anda di sini

Copyright © 2015. Info-info Asik - All Rights Reserved
Template by: Shofia Dewi